Kamis, 01 November 2012

Tulisan (Softskill)

Biography Pembalap MotoGP -Valentino Rossi- (Part 1)

Valentino Rossi, (lahir 16 Februari 1979 di Urbino), adalah pembalap sepeda motor profesional Italia  dan berhasil meraih titel Juara Dunia MotoGP berkali-kali. Dia adalah salah satu pembalap motor paling sukses sepanjang masa, dengan sembilan Grand Prix Kejuaraan Dunia untuk nama-Nya – rekor tujuh yang di kelas utama.

Setelah ayahnya, Graziano Rossi, Rossi memulai balapan di Grand Prix pada tahun 1996 untuk Aprilia di kategori 125cc dan memenangkan Kejuaraan Dunia pertama tahun berikutnya. Dari sana, ia pindah ke kategori 250cc dengan Aprilia dan memenangkan Kejuaraan Dunia 250cc pada tahun 1999. Ia memenangkan Kejuaraan Dunia 500cc dengan Honda pada tahun 2001, Kejuaraan Dunia MotoGP (juga dengan Honda) pada tahun 2002 dan 2003, dan terus beruntun nya back-to-back dengan memenangkan kejuaraan tahun 2004 dan 2005 setelah meninggalkan Honda  untuk bergabung Yamaha, sebelum mendapatkan kembali gelar pada 2008 dan mengulanginya pada 2009 . Dia meninggalkan Yamaha untuk bergabung dengan Ducati untuk musim 2011.
Rossi adalah yang pertama dalam semua waktu 500 cc / MotoGP memenangkan perlombaan klasemen, dengan 79 kemenangan, dan kedua di sepanjang masa menang klasemen keseluruhan dengan 105 menang balapan (di belakang Giacomo Agostini dengan 122).


Karier Awal
Valentino Rossi lahir di Urbino, dan saat ia masih anak-anak, keluarganya pindah ke Tavullia. Rossi pertama kali mulai nmengendarai motor pada usia yang sangat muda. Cinta balap pertama Rossi adalah karting. Rossi memenangkan kejuaraan kart regional di 1990. Setelah itu dia mengambil minimoto dan sebelum akhir tahun 1991 telah memenangkan balapan di beberapa daerah. Pada tahun 1992 dan 1993, mulai  belajar seluk-beluk balap minimoto.

Pada tahun 1993, dengan bantuan dari ayahnya, Virginio Ferrari, Claudio dan Claudio Castiglioni Lusuardi (yang mengelola tim Cagiva Sport), ia naik sepeda motor Cagiva Mito 125cc, dan langsung mengalami kecelakaan pertamanya di tikungan pertama, yang jaraknya tidak lebih dari seratus meter dari pit lane. Pada lomba pertamanya, Rossi finish di posisi ke sembilan
Di tahun pertama Rossi ini, pada akhirnya dia mencapai posisi terdepan dalam lomba di Misano. Pada tahun kedua, dengan bantuan Lusuardi, Rossi disupport oleh pabrikan Cagiva dan berhasil memenangkan gelar Italia.

125cc, 250 cc and 500 cc World Championships
Pada tahun 1994, Rossi menjadi pembalap team Sandroni Aprilia,  di team ini, Rossi mempelajari motor spek Grand Prix untuk pertama kalinya. Dia belajar bagaimana menangani motor kelas GP 125cc. Pada tahun ini Rossi turun di kejurnas GP 125 di Italia dan pada tahun 1995, Rossi sudah ikut kejuaraan regional Eropa.

Rossi memiliki beberapa keberhasilan dalam musim Kejuaraan Dunia GP 125 di tahun1996, gagal finish dalam 5 race dan berhasil menabrak beberapa kali dalam musim itu. Meskipun demikian, pada bulan Agustus ia berhasil meraih podium utamanya di WGP 125 di sirkuit Brno, Republik Ceko dengan Aprilia RS125R. dan di akhir musim Ia menempati posisi ke-9 dunia dan mulai mendominasi WGP 125cc  di musim 1997 dengan memenangkan 11 dari 15 race.


Pada tahun 1998, Aprilia RS250 merupakan motor terbaik dan memiliki pembalap terbaik seperti Valentino Rossi, Loris Capirossi dan Tetsuya Harada. Pada akhir musim 1998, Rossi berhasil menempati runner up WGP 250, Terpaut 3 poin dibelakang Loris Capirrosi, sang Juara Dunia GP 250.. Pada tahun 1999, Rossi meraih gelar Juara Dunia GP 250
Pada tahun 2000 Rossi bergabung Honda di kelas tertinggi di Kejuaraan Dunia balap sepeda motor, GP 500. Rossi diduetkan dengan mekanik Jeremy Burgess yang merupakan Chief Engineer sang legenda GP 500, Mick Doohan yang juga sebagai mentor Rossidi kelas 500cc. Di kelas ini Rossi pada pertama kalinya akan balapan melawan Max Biaggi, pembalap Italia lain yang sering dianggap setara dengan Rossi. dan di tahun ini, Rossi berhasil meraih posisi Runner-Up dunia dibelakang pembalap Amerika, Kenny Roberts, Jr.

rossi at Nastro Azzuro Honda
Rossi memenangkan 500cc Kejuaraan Dunia pertama pada 2001 (menang 11 balapan) pada tahun terakhir dari kelas itu. Pada tahun berikutnya, dua-stroke 500cc masih diperbolehkan, tapi 2002 melihat awal dari empat-stroke 990cc, setelah itu mesin 500cc pada dasarnya usang. Pada tahun 2001 Rossi bekerja sama dengan American pembalap Colin Edwards untuk balapan Suzuka 8 Jam ketahanan menunggang Honda VTR1000SPW. Pasangan ini memenangkan lomba meskipun Rossi kurang pengalaman di balapan Superbikes.


Karier MotoGP
Honda
Tahun perdana untuk motor MotoGP adalah 2002, ketika pengendara mengalami masalahpenyesuaian di motor 4-tak. Rossi memenangkan balapan pertama dan kemudian memenangkan delapan dari sembilan balapan pertama musim 2002 dan akhirnya mengklaim 11 kemenangan secara total.
Pada tahun 2003, Rossi mengulangi kesuksesannya ketika ia meraih 9 kali kemenangan berturut-turut untuk mengklaim Juara Dunia MotoGP/GP 500 ketiga kali berturut-turut. GP Australia di Phillip Island, Australia pada tahun 2003 dianggap oleh banyak pengamat sebagai salah satu momen terbesar Rossi. Setelah diberi penalti 10-detik karena menyalip saat bendera kuning berkibar, Rossi langsung memacu RCV211V-Nya dan akhirnya menyelesaikan balapan dengan gap lebih dari 15 detik

Dari Honda ke Yamaha
Ada banyak spekulasi selama paruh kedua musim 2003 Rossi tentang rencana untuk masa depan. Beberapa orang menduga bahwa ia akan berhasil dalam upayanya untuk mengklaim gelar ketiga berturut-turut dan bertanya-tanya di mana ia akan pergi di masa depan. Kontraknya dengan Honda naik pada akhir tahun dan ada rumor bahwa Rossi  kecewa dengan sikap Honda.
Salah satu alasan terkuat dari hengkannya Rossi dari Honda karena ada rumor bahwa Rossi sukses karena dominasi RC211V bukan Rossi. Pertengahan musim rumor menunjuk ke arah kemungkinan pindah ke Ducati, yang dikirim pers Italia menjadi hiruk-pikuk. Ducati memang mencoba merayu Rossi ke mengendarai motor MotoGP mereka, Desmosedici, tapi untuk berbagai alasan Rossi menolaknya.
Menurut buku otobiografinya, Rossi menawarkan alasan lain untuk memilih Yamaha lebih Ducati, mengatakan bahwa pola pikir di Ducati Corse agak terlalu mirip dengan Honda .
Akhirnya, Rossi menandatangani kontrak dua tahun dengan Yamaha dan dilaporkan bernilai lebih dari (US) $ 12 juta; sebuah harga yang masih bisa disanggupi oleh Honda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar