Senin, 29 April 2013

Beberapa Metode Untuk Backup dan Restore Mysql Database



Database merupakan sekumpulan data yang sangat penting, baik itu bersifat pribadi ataupun milik sebuah perusahaan ataupun organisasi, oleh karena itu agar hal tersebut diatas menjadi terlindungi perlu dilakukan backup. Disini akan dibahas beberapa cara atau metode untuk melakukan backup dan restore database Mysql, diantaranya adalah :

  • Menggunakan phpMyAdmin, untuk tools yang satu ini tentunya sobat sudah tidak asing lagi dan sering mendengar serta mempergunakannya. Memang secara default jika kita sedang melakukan pembuatan program atau aplikasi berbasis web yang menggunakan server wamp atau xampp, phpmyadmin sudah termasuk didalam bundel softwarenya. pemakaiannyapun terbilang mudah, fasiltas eksport dan import sudah tersedia dengan tampilan windows yang cukup user friendly.

  • Menggunakan command shell, perintah yang dipakai adalah mysqldump untuk backup dan mysql untuk restore. contoh pengunaan sintaksnya:
mysqldump -uroot -p [nama-database]  > dump-file.sql (untuk backup satu database)
myqsldump -uroot -p --all-databases > dump-flie.sql (untuk backup semua database)
mysqldump -uroot -p --routines [nama-database] > dump-file.sql (jika terdapat routing prosedur dan function dalam database)

mysql -uroot -p [nama-database]  < dump-file.sql (untuk restore satau database)
mysql -uroot -p  < dump-file.sql  (untuk restore jika terdapat lebih dari satu database)

  • Menggunakan Mysql Workbench, aplikasi GUI ini merupakan pengganti dari MySQL Query Browser dan MySQL Administrator, dengan tools ini sobat dapat melakukan semua kebutuhan akan administrasi dari database Mysql seperti Query, Print Diagram EER (Enhanced entity–relationship) model dan tentunya administrasi server seperti Backup dan Restore,  perhatikan screenshot dibawah :

   mysql workbench
Mungkin itulah beberapa cara yang penulis ketahui dalam hal administrasi database Mysql, mudah -mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca yang memerlukannya, sekian dan terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar