Minggu, 28 April 2013

Organisasi CGI

1)  PBB
            PBB disebut juga UNO (United Nation Organization). PBB berdiri pada tanggal 24 Oktober 1945 di San Fransisco (Amerika Serikat). PBB dibentuk atas dasar dari piagam Atlantik yang bertujuan untuk menjamin perdamaian dan keamanan internasional.  PBB bergerak di bidang ekonomi, keamanan, dan sosial. PBB berpusat di New York ( Amerika Serikat)
Tujuan Organisasi PBB.
Memelihara perdamaian dan keamanan internasional.
Mengembangkan hubungan hubungan persaudaraan antar bangsa bangsa.
 Menciptakan kerjasama dalam memecahkan masalah internasional.
 Menjadikan PBB sebagai pusat usaha mewujudkan tujuan bersama.

2)   ASEAN
         ASEAN (Association of South East Asian Nation) adalah organisasi kerjasama regional negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang menganut asas keterbukaan bagi anggota anggotanya.
         ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand dengan tujuan untuk mengukuhkan kerjasama antar bangsa  di Asia Tenggara.
        ASEAN bergerak dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya (non politik dan non militer).
Tujuan ASEAN
Mempercepat pertumbuhan ekonomi, soaial, dan pengembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
 Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional dengan jalan menghormati keadilan dan tertib hukum.
Meningkatkan kerjasama aktif dalam segala bidang kecuali militer.
Meningkatkan penggunaan pertanian, industri, perdagangan, dan jasa untuk meningktkan taraf hidup.
 Memelihara kerjasama yang erat dan beramanfaat dengan organisasi regional maupun internasional.

3)   OKI
        OKI (Organisasi Konferensi Islam) dibentuk dengan alasan atau dasar untuk mempererat solidaritas Negara-negara islam di dunia. OKI didirikan di Rabat, Maroko pada 12 Rajab 1389 H (25 September 1969) dalam pertemuan pertama para Pemimpin Dunia Islam yang diselenggarakan sebagai reaksi terhadap terjadinya peristiwa pembakaran Masjid Al Aqsa pada 21 Agustus 1969 oleh pengikut fanatik Kristen dan Yahudi di Yerusalem.
 Tujuan OKI
Memajukan solidaritas islam negara negara anggota.
Memperkuat kerjasama antar negara negara anggota dalam bidang sosial,ekonomi,budaya,pendidikan,dan bidang bidang lainnya.
Mengupayakan seoptimal mungkin untuk menghilangkan rasialisme,diskriminasi,dan kolonialisme dalam setiap bentuk.
Menyokong segala kegiatan usaha perdamaian dunia.
 Mengatur usaha usaha melindungi tempat tempat suci dan membantu perjuangan rakyat Palestina.
Membentuk suasana harmonis antar negara-negara angota.
Memperkuat perjuangan umat islam untuk melndungi martabat,kemandirian dan hak setiap negara islam.

4)  AFTA
          Asean Free Trade Area (AFTA) adalah bentuk dari kerjasama perdagangan dan ekonomi di wilayah ASEAN yang berupa kesepakatan untuk menciptakan situasi perdagangan yang seimbang dan adil melalui penurunan tarif barang perdagangan dimana tidak ada hambatan tarif (bea masuk 0 – 5 %) maupun hambatan non tarif bagi negara-negara anggota ASEAN.
AFTA dibentuk pada tanggal 28 Januari 1992 di Singapura. Pada awalnya ada enam negara yang menyepakati AFTA, yaitu: Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Thailand. Vietnam bergabung dalam AFTA tahun 1995, sedangkan Laos dan Myanmar pada tahun 1997, kemudian Kamboja pada tahun 1999.
Tujuan AFTA adalah meningkatkan daya saing ekonomi negara-negara ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi pasar dunia, untuk menarik investasi dan meningkatkan perdagangan antar anggota ASEAN.

5)  APEC
          APEC adalah singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation atau Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik. APEC didirikan pada tahun 1989. APEC bertujuan mengukuhkan pertumbuhan ekonomi dan mempererat komunitas negara-negara di Asia Pasifik.. Pembentukan organisasi ini dikarenakan situasi kawasan asia-pasifik yang tidak menentu akibat perkembangan situasi politik dan ekonomi dunia karena pengaruh perang dingin.
 Tujuan APEC
Menjalin kerjasama ekonomi antar bangsa di kawasan asia-pasifik atas dasar saling menguntungkan.
Meningkatkan hubungan kerjasama di bidang ekonomi bagi kemajuan den kesejahteraan bersama.
Memperkuat kemampuan masing masing negara anggota untuk memperjuangkan kepentingan bersama termasuk dalam forum internasional.

6)  WHO
        WHO ( World Health Organization) atau Organisasi Kesehatan Sedunia, bermarkas besar di Jenewa, Swiss. Tujuan WHO adalah mengusahakan tingkat kesehatan masyarakat dunia setinggi mungkin. WHO bergerak dalam bidang kesehata
        WHO didirikan pada tanggal 7 April 1948 sebagai badan khusus Perserikatan Bangsa-bangsa. Dengan anggotanya yang hampir mencapai dua ratus negara, badan tersebut melaksanakan program-program berskala dunia untuk mencegah dan melenyapkan penyakit. Tetapi, misi WHO melangkah lebih jauh dari sekedar pengobatan terhadap penyakit jasmani.

7)  ILO
      ILO ( International Labour Organization) atau Organisasi Buruh Internasional, bermarkas di jenewa Swiss. ILO didirikan pada tanggal 11 April 1991 yang bergerak dalam bidang perburuhan.
      Tujuan ILO adalah memperbaiki dan meningkatkan kondisi hidup melalui konvensi buruh internasional dan rekomendasi-rekomendasi antara lain menetapkan standar minimum, upah, jam kerja, kondisi pekerjaan,  dan social, serta menyelenggarakan riset, dan kegiatan kerjasama teknik, termasuk latihan keterampilan, dan pengembangan manajemen.

8)  UNICEF
        UNICEF (United Nations International Children’s Emergency Fund) adalah dana anak-anak PBB yang bermarkas di New York. Tujuan UNICEF adalah membantu anak-anak di dunia dengan cara menanggulangi masalah-masalah kesehatan, kelaparan, dan pendidikan.

9)  WTO
         WTO ( World Trade Organization) atau badan kerjasama ekonomi internasional ini resmi berdiri sejak tanggal 1 Januari 1995 menggantikan GAAT ( General Agreement on Tariffs and Trade).
         WTO bermarkas di Rappard William Centre, Jenewa, Swiss. WTO bergerak dalam bidang ekonomi.
         Tujuannya adalah menghilangkan atau mengurangi tarif bea yang menghambat perdagangan antarnegara dan menyelesaikan sengketa dagang di antara anggotanya.


10)  NATO
      NATO merupakan organisasi kerjasama bidang militer di kawasan Eropa Barat, organisasi ini dibentuk dalam rangka membendung pengaruh komunis USSR agar tidak meluas sampai kawasan eropa barat. Organisasi ini bergerak dalam bidang militer
         NATO ( North Atlantic Treaty Organization) berdiri pada tanggal 4 April tahun 1949 di Brussel, Belgia. NATO, Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) secara resmi dibentuk Saat itu, ada 12 negara yang menandatangani piagam pendirian NATO. NATO bermarkas di Brussels dan bergerak dalam bidang militer.
Tujuan NATO
Menyelesaikan persengketaan secara damai.
 Tidak menggunakan ancaman militer dalam kalangan internasional.
Membela negara anggota dengan pendirian bahwa ancaman pada satu anggota merupakan ancaman seluruh anggota NATO

11)  GNB
        Gerakan Non-Blok (GNB) adalah suatu organisasi internasional yang terdiri dari lebih dari 100 negara-negara yang tidak menganggap dirinya beraliansi dengan atau terhadap blok kekuatan besar apapun. Gerakan Non-Blok (GNB)  terbentuk dari Konferensi Asia Afrika di Bandung, 18-25 April 1955. GNB bergerak dalam bidang politik.
        Tujuan dari organisasi ini, seperti yang tercantum dalam Deklarasi Havana tahun 1979, adalah untuk menjamin "kemerdekaan, kedaulatan, integritas teritorial, dan keamanan dari negara-negara nonblok" dalam perjuangan mereka menentang imperialisme, kolonialisme, neo-kolonialisme, apartheid, zionisme, rasisme dan segala bentuk agresi militer, pendudukan, dominasi, interferensi atau hegemoni dan menentang segala bentuk blok politik.
       Mereka merepresentasikan 55 persen penduduk dunia dan hampir 2/3 keangotaan PBB. Negara-negara yang telah menyelenggarakan konferensi tingkat tinggi (KTT) Non-Blok termasuk Yugoslavia, Mesir, Zambia, Aljazair, Sri Lanka, Kuba, India, Zimbabwe, Indonesia, Kolombia, Afrika Selatan dan Malaysia.

12)  CGI
   CGI (Consultativ Group In Indonesia) yaitu Negara-negara pemberi pinjaman kepada Indonesia. Dibentuk di Paris, Prancis pada bulan April 1992. CGI adalah pengganti dari IGGI (Inter Gouvermental Group on Indonesia). CGI bergerak dalam bidang ekonomi.
      CGI dibentuk oleh Bank Dunia atas permintaan pemerintah Indonesia dan lembaga-lembaga internasional yang sebagian besar merupakan mantan anggota Inter Gouvermental Group on Indonesia (IGGI). Tujuannya adalah memberi bantuan kredit lunak untuk pembangunan kepada Indonesia.
13)  OPEC 
            OPEC (Organization of The Petroleum Exporting Countries), yaitu organisasi pengekspor minyak. OPEC terbentuk pada bulan September tahun 1960 di Caracas, Venezuela.  OPEC bermarkas di Wina, Austria.
          Organisasi ini didirikan agar masing masing negara anggota penghasil minyak dalam mengambil kebijakan dalam bidang perminyakan dan harga minyak dapat menguntungkan negara negara anggota atau produsen, oleh sebab itu organisasi inilah yang nantinya dapat mencegah persaingan yang tidak sehat dari negara negara penghasil minyak.
 Tujuan OPEC
v   Mempertahankan harga minyak dan menentukan harga sehingga menguntungkan negara negara produsen.
v    Secara politik mengatur hubungan dengan perusahaan perusahaan minyak asing atau pemerintah negara negara konsumen

14)    MEE
            Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE) atau European Economic Community (EEC) didirikan pada tahun 1957 berdasarkan perjanjian antarnegara Eropa Barat di Roma Italia. Tujuannya adalah menyusun dan melaksanakan politik perdagangan bersama dan mendirikan daerah perdagangan bebas di Eropa. Selain itu, MEE juga mengadakan kerja sama dibidang perdagangan dengan negara-negara Asean termasuk Indonesia. Saat ini MEE sudah meningkatkan derajat kerjasamanya menjadi Uni Eropa (European Union)

             Berdirinya MEE adalah sebagai akibat perang dunia II di belahan Eropa yang menyebabkan negara negara Eropa mengalami kemiskinan dan perpecahan oleh sebab itu kemudian didirikan lembaga yang bergerak untuk memajukan dan membangun kembali negara negara Eropa secara bersama-sama, pada mulanya mereka membentuk ECSC dan EURATON.
             MEE bermarkas di Belgia dan bergerak dalam bidang perdagangan, ekonomi, dan social.
  Tujuan MEE
Mengintegrasikan eropa dengan cara memajukan perekonomian, memperbaiki taraf hidup dan memperluas lapangan kerja.
Memajukan perdagangan dan menjamin adanya persaingan bebas dan keseimbangan perdagangan antar negara anggota.
Menghapuskan semua halangan yang menghambat laju perdagangan internasional.
Memperluas hubungan dengan negara negara di luar PBB.

15)    LIGA ARAB
               Organisasi ini dibentuk dalam rangka menentang kekuatan militer inggris dan perancis di timur tengah dan zionis israel serta menuntut berdirinya negara palestina yang merdeka. Liga Arab terbentuk pada pada tanggal 22 Maret 1945 oleh Negara Mesir, Irak, Transjordan (Yordania pada tahun 1946), Libanon Arab Saudi, dan Suriah, kemudian diikuti oleh Yaman yang bergabung pada tanggal 5 Mei 1945
 Tujuan Liga Arab
Mengkoordinasikan berbagai kegiatan politik para negara angota sehingga terjamin kerjasama dan terpeliharanya kedaulatan setiap anggota.
 Memupuk kerjasama di bidang ekonomi, komunikasi dan kebudayaan dan sosial.
Melarang menggunakan kekerasan senjata dalampenyelesaian sengketa negara anggota
 Organisasi ini bermarkas besar di Kairo dengan seorang sekretaris jenderal yang dibantu oleh Council sebagai badan tertinggi.

3 komentar: