Selasa, 30 April 2013

Cara Menghilangkan Bau Badan


Cara Menghilangkan Bau Badan - Bau yang tidak sedap yang dimiliki oleh tubuh kita terasa menganggu, apalagi kalau sehari-hari kita bertemu dengan orang banyak tentunya akan membuat kita tidak pede dan malu karena bau badan tersebut. Namun ini bisa diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami. Info Kesehatan kali ini akan memberikan cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan bahan alami.

Daun Kemangi
Daun kemangi mengandung minhak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Selain itu, juga berfungsi sebagai antiseptik. Caranya, bisa dengan memanfaatkan sebagai lalap mentah atau sayuran urap. Atau haluskan daun, biji dan akar kemangi, lalu seduh dengan air panas, saring dan ditambahkan gula aren. Minum 2 kali sehari, pagi dan malam.

Rimpang Temulawak
Temulawak didalamnya mengandung zat-zat sapomin, flavoinoida, dan minyak atsiri yang dapat menghilangkan bau badan. Caranya, minum rebusan rimpang temulawak yang telah dipotong-potong halus. Air perasan temulawak yang sudah diparut dengan tambahan sedikit madu juga dapat diminum untuk menghilangkan bau tak sedap. Selain itu, parutan temulawak juga dapat dibalurkan keseluruh badan, lalu didiamkan hingga kering sebelum dibersihkan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Jeruk Purut
Kulit jeruk purut mengandung minyak atsiri yang berbau harum sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur yang dihaluskan bersama-sama dengan air secukupnya.

Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga mengandung minyak atsiri. Caranya, 1 buah jeruk nipis, diperas lalu ambil airnya, dicampur dengan 1/2 sendok teh kapur sirih, aduk rata. Gosokkan ke bagian tertentu seperti ketiak setelah mandi. Diamkan sesaat hingga kering, kemudian baru menggunakan pakaian.

Jahe
Banyak orang India percaya, mengonsumsi jahe bisa membuat mereka tercium manis. Menurut Pen Chao Cing, Kaisar Shen Nong di daratan China (3000 SM), jahe segar dapat menghilangkan bau badan dan mendekatkannya kepada aura spiritual. Wedang jahe yang dikonsumsi secara teratur bisa jadi membantu mengatasi masalah bau badan.

Mentimun
Timun atau mentimun yang kaya air ini mengandung kalsium, zat besi, dan magnesium. Mengonsumsi buah timun segar terasa menyegarkan. Selain berkhasiat menurunkan demam, timun juga bermanfaat untuk kesehatan kulit. Caranya, cucu bersih satu buah mentimun muda, iris tipis, lalu oleskan atau gosokkan pada bagian badan yang berbau. Atau, parut mentimun, lalu kompres bagian ketiak dengan parutan tersebut. Diamkan kurang lebih 10-15 menit, kemudian angkat. Lakukan hal ini setelah mandi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar