Senin, 29 April 2013

Cara Memandikan Bayi


Cara Memandikan Bayi - Seorang Ibu baru mungkin merasa takut memandikan bayinya pertama kali. Padahal memandikan bayi sangat penting dilakukan setiap hari agar bayi terhindar dari kuman penyakit. Nah info kesehatan kali ini adalah bagaimana Cara memandikan bayi yang benar.

Memandikan bayi merupakan bagian penting dari perawatan bayi. Cara memandikan bayi yang benar dan aman bagi bayi pun tidak begitu susah tetapi tidak juga terlalu mudah karena banyak hal yang harus diperhatikan pada saat memandikan bayi.

Adapun persiapan yang dilakukan sebelum memandikan bayi yaitu:

  1. Letakkan bak tempat mandi bayi ditempat yang bersih dan usahakan di ruangan yang hangat. 
  2. Usahakan pada saat ingin memandikan bayi, bayi dalam keadaan rileks 
  3. Kondisi air hangat serta harus bersih dan bebas kuman, karena kulit bayi sangat sensitive, tinggi air yang ada didalam bak mandi tidak lebih dari 10cm. 
  4. Siapkan seluruh keperluan untuk memandikan bayi. 

Setelah persiapan telah dilakukan berikut cara memandikan bayi:

  1. Jika belum terlalu yakin memandikan bayi dalam bak mandi, anda bisa meletakkan bayi anda diatas tempat yang datar dialasi dengan kain yang lembut. 
  2. Lepaskan pakaian terlebih dahulu. 
  3. Jika memandikan bayi dalam bak, usahakan posisi kaki terlebih dahulu agar bayi tidak terkejut dengan perubahan suhu. Kemudian secara berlahan hingga mengenai belakang kepala. Posisi tangan kanan menopang kepala bagian bawah dan tangan kiri yang membersihkan tubuh. 
  4. Basuhlah bayi anda secara berlahan, gunakan sabun dan shampo khusus bayi 
  5. Untuk daerah genital dan sensitif, gunakan waslap yang lembut untuk membersihkan area tersebut. Untuk wajah cukup basuh dengan air hangat dengan kain bersih yang halus dan lembut. 
  6. Setelah selesai, angkat bayi perlahan, dengan menggunakan kedua tangan, kemudian letakkan diatas handuk yag sudah terbentang di tempat yang datar. 
  7. Keringkan tubuh bayi dengan handuk yang bersih berikan minyak telon untuk menghangatkan tubuhnya di daerah perut, ubun-ubun, dan telapak kaki. 
  8. Kemudian kenakan pakaian bayi yang nyaman untuk si buah hati Begitulah kurang lebih cara memandikan bayi yang benar. 

Semoga info kali ini bermanfaat, selamat mencoba. Silahkan baca info kesehatan lainnya mengenai pengertian HIV Aids

Tidak ada komentar:

Posting Komentar