Senin, 29 April 2013

Dampak Bahaya Merokok



Hampir seluruh penduduk didunia ini tidak lepas dari kebiasaan merokok. Tapi kadang kita kurang menyadari tentang bahaya merokok itu sendiri, padahal merokok dapat menyebabkan datangnya berbagai penyakit. Sekarang mari kita meneliti apa yang terjadi ketika Anda perlahan-lahan menghirup asap. Memasuki sistem pernapasan Anda dan menyebabkan iritasi pada lapisan mukosa lembut di paru-paru.  Hal ini karena asap rokok terdiri dari campuran bahan kimia beracun seperti karbon dioksida, karbon monoksida dan nikotin yang sangat dapat membahayakan sistem pernapasan Anda.

Mekanisme pertahanan paru-paru langsung mencoba untuk melemparkan asap beracun ini keluar dari tubuh. Apabila Anda mulai batuk!  Anda terus menghisap asap lebih lanjut sampai kemudian melumpuhkan lapisan pelindung dan crumples paru-paru dan sistem kekebalan tubuh Anda.  Sekarang, batuk hilang dan gas-gas beracun yang tertinggal terus berjalan melalui darah ke sistem tubuh lainnya.

Setelah nikotin memasuki hati, ia mulai bertindak seperti obat dan merangsang sekresi glukosa darah.  Pada saat yang sama, ia bertindak pada otak menyebabkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah.  Itu tetap dalam darah untuk beberapa waktu sebelum itu diekskresikan oleh ginjal dan hati.  Anda dapat melihat bagaimana hanya satu tarik asap memiliki kapasitas untuk tidak hanya membahayakan kekebalan Anda, tetapi juga membuat jalan bagi benda asing seperti bakteri, virus, dan sejenisnya sehingga mengundang sejumlah penyakit.

Perlu dicatat bahwa rokok tidak hanya mempengaruhi paru-paru, tetapi juga sebagian besar organ tubuh vital tubuh termasuk otak dan jantung.  Hampir tidak ada sistem dalam tubuh manusia yang tidak dipengaruhi oleh merokok.

Penyakit Kardiovaskular 
Merokok adalah salah satu faktor risiko utama untuk hipertensi dan serangan jantung fatal.  Bahan kimia dalam asap mengembangkan atherosclerosis dan berkurangnya pasokan oksigen ke jantung menyebabkan penyakit jantung.

Stroke dan Gangren 
Efek dari merokok dapat menyebabkan perdarahan stroke dan otak akibat timbunan plak di pembuluh darah.  Hal ini menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan sirkulasi darah yang berkurang yang dapat menyebabkan stroke dan kelumpuhan.  Merokok juga dapat menyebabkan gangren akibat penyumbatan arteri.

Infertilitas 
Merokok mempengaruhi kesehatan perempuan dengan infertilitas menyebabkan, keguguran, kehamilan rumit dan menopause dini.  Merokok selama kehamilan dan menyusui dapat memiliki efek berbahaya pada bayi pada anak usia dini dan juga saat mereka tumbuh dewasa.  Merokok juga diketahui menyebabkan kelainan sperma yang menyebabkan infertilitas pada pria.

Gangguan Paru-Paru 
Racun dalam asap dapat menyebabkan gangguan paru-paru seperti emfisema, penyakit paru obstruktif kronik, bronkitis, dan pengurangan yang signifikan dalam fungsi paru-paru.  Hal ini karena kantung alveolar di bronkiolus yang fungsional oksigen dan pertukaran karbon dioksida yang rusak.

Batuk perokok merupakan gejala umum yang berkembang sebagai sistem pertahanan mencoba untuk mengusir bahan kimia terakumulasi dalam saluran udara dan paru-paru.  Secara bertahap, sistem pernapasan menjadi lebih rentan terhadap infeksi karena menurunkan kekebalan tubuh.

Efek lain 
Nikotin mempengaruhi tulang, sendi dan otot tubuh.  Sebuah batang rokok mengandung sekitar 9 mg nikotin, sebagian besar yang dibakar dan 1 mg memasuki tubuh Anda dengan setiap rokok yang Anda hisap. Sedikit nikotin dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh Anda, hal ini menyebabkan osteopenia, osteoporosis. Merokok dapat menyebabkan hilangnya rasa, bau mulut, karies gigi, gigi bernoda, luka mulut dan gusi surut.  Mulut kering dan hilangnya nafsu makan adalah beberapa tanda-tanda kecanduan merokok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar