Jumat, 26 April 2013

Organisasi Tri Koro Dharmo

PEMUDA DAN ORGANISASI



LATAR BELAKANG

Sebagai pemuda , sangatlah penting bagi kita untuk mengetahui ilmu ilmu berorganisasi ,alangkah baiknya jika diterapkan dalam masyarakat , apabila kita memiliki ilmu ataupun pengalaman berorganisasi, kita akan mampu menghadapi situasi dimana kita harus mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi didepan orang banyak.
Dengan begitu kita tidak akanragu dan terbata bata saat menghadapi situasi tersebut , organisasi pemuda sangat banyak tergantung tempat dan fungsinya.
Di sekolah , terdapat organisasi yang ernama OSIS , di masjid terdapat organisasi “pemuda masjid, di lingkungan masyarakat terdapat organisasi karang taruna,
Didalam berorganisasi kita diajarkan menjadi seorang pemimpin yang memiliki karakter ,
Oleh karena itu karena kita masih muda , belajarlah berorganisasi dan terapkan ilmunya pada masyarakat
PEMBAHASAN

Organisasi pada awalnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti; pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran
Orang-orang yang ada di dalam suatu organisasi mempunyai suatu keterkaitan yang terus menerus. Rasa keterkaitan ini, bukan berarti keanggotaan seumur hidup. Akan tetapi sebaliknya, organisasi menghadapi perubahan yang konstan di dalam keanggotaan mereka, meskipun pada saat mereka menjadi anggota, orang-orang dalam organisasi berpartisipasi secara relatif teratur.
Di Indonesia dari dulu sudah memiliki banyak organisasi pemuda yang  turut berpaeran dalam kemerdekaan bangasa Indonesia , organisai ini beranggotakan pemuda pemudi Indonesia yang berani , jujur , dan rela berkorban demi bangsa Indonesia , beberapa organisasi yang berperan penting dalam kemerdekaan bangasa Indonesia adalah :
·         Budi Utomo / Boedi Oetomo
Budu Utomo berdiri pada tahun 1908 yang pada awal mula berdirinya merupakan organisasi pelajar yang ruang lingkupnya masih kedaerahan, namun pada perkembangannya berubah menjadi organisasi perkumpulan pemuda nasional.
 
·         Trikoro Dharmo / Tri Koro Dharmo
Trikoro Dharmo adalah sebuah perkumpulan pemuda yang berasal dari Jawa pada tahun 1915 di gedung kebangkitan nasional. Organisasi ini kemudian mengubah nama menjadi Jong Jawa pada kongres di Solo. Arti definisi / pengertian dari tri koro dharmo adalah Tiga Tujuan Mulia.
·         Jong Sumatra Bond (Persatuan Pemuda Sumatra)
Organisasi oni berdiri pada tahun 1917 yang memiliki tujuan untuk mempererat hubungan antar pelajar yang berasal dari sumatera. Beberapa toko terkenal dari organisasi ini yaitu seperti M. Hatta dsan M. Yamin.
·         Jong Indonesia
Perkumpulan pemuda dan pemudi ini didirikan pada tahun 1927 di Bandung di mana kemudian organisasi ini diubah menjadi Pemuda Indonesia untuk yang berjenis kelamin laki-laki dan Putri Indonesia bagi yang perempuan. Pemuda Indonesia membuat kongres di mana pada kongres yang kedua menghasilkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.
Organisasi tersebut lah yang melecut semangat para pemuda Indonesia , semangat para pemuda ada waktu itu perlu di contoh dan diterapkan pada masa sekarang , jika pemuda Indonesia memiliki organisasi yang jelas dan berguna bagi masyarakat , maka kasus kriminal remaja akan berkurang . dan juga hal tersebut akan membuat kualitas pemuda Indonesia menjadi lebih baik.
PENUTUP
Organisasi merupakan tempat yang baik untuk para pemuda dalam mencari jati dirinya , karena didalam organisasi para pemuda di ajarkan hidup dislipin dan diajarkan untuk menjadi pribadi yang bisa berhadapan dengan masyarakat banyak , jangan sia siakan masa muda dengan hal yang negatif , karena perbuatan kita dimasa uda , akan berpengaruh di masa tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar