Selasa, 30 April 2013

Gejala Penyebab Asam Urat


Asam urat kadang muncul secara tiba-tiba tanpa kita sadari, oleh karena itu kita perlu mengenali penyakit ini, karena ini dapat diderita oleh siapa saja terutama bagi yang mempunyai pola makan yang kurang sehat. Rasa nyeri yang dirasakan bagi penderita asam urat sangat mengganggu dan membuat malas untuk beraktifitas. Untuk menghindari penyakit asam urat terlebih dahulu kita harus mengetahui gejala-gejala timbulnya asam urat.

Pada awalnya gejala asam urat dirasakan biasanya pada persendian dan ini dirasakan selama beberapa hari, dan setelah itu rasa nyeri itu akan hilang sampai kembali lagi menyerang kita. Ini yang perlu kita waspadai jangan sampai itu terjadi pada diri kita.

Berikut ini beberapa gejala asam urat lainnya yang biasa sering dialami bagi penderita asam urat:
  1. Badan kita akan terasa pegal dan terasa capek
  2. Rasa kesemutan dan linu yang sangat parah
  3. Rasa nyeri otot dan bagian-bagian persendian lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak dan bahu sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi hari.
  4. Kebiasaan buang air kecil terutama pada malam hari/pagi hari saat anda bangun tidur.
  5. Apabila asam urat sudah menyerang bagian ginjal, maka akan memicu terjadinya kencing batu sehingga sulit untuk buang air kecil.
Gejala asam urat disebabkan karena kristalisasi asam urat yang terbentuk dalam sendi-sendi perifer sehingga akan merasakan nyeri pada persendian. Ini dikarenakan daerah persendian tersebut lebih dingin daripada dipusat tubuh. Dan biasanya dalam suhu yang dingin urat cenderung membeku. Gejala lainnya dimana asam urat biasa terjadi akibat kristalisasi dalam persendian ini adalah rasa kesemutan yang sangat parah.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Kadar purin yang meningkat dalam tubuh adalah faktor utama terjadinya asam urat, baik yang berasal dari makanan maupun gangguan metabolisme. Apabila asam urat sudah berlebih dan sudah terjadi penumpukan didalam persendian maka akan dirasakan nyeri yang tak tertahankan.

Purin adalah zat yang terkandung dalam setiap bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, pada saat kita mengkonsumsi maka zat purin tersebut pindah kedalam tubuh kita. Selain itu juga purin dihasilkan dari perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Sehingga menjadi penyebab utama penyakit asam urat karena asam urat sendiri merupakan sisa metabolism zat purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi dan juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar