Jumat, 19 April 2013

Metode Penelitian untuk Akuntansi (Sebuah Pendekatan Praktis)


Salah satu ciri pokok kegiatan mahasiswa jurusan Akuntansi, baik program S1, S2, maupun S3, yang tidak bisa dihindari yaitu membaca dan mempelajari berbagai literatur tentang berbagai aspek filosofi ilmu dan metodologi penelitian. Tetapi, kenyataannya, belum banyak buku yang membahas filosofi dan metodologi penelitian untuk akuntansi secara khusus.
Untuk itu, buku Metode Penelitian Untuk Akuntansi mencoba menjawabnya. Dalam buku ini dibahas tiga topik besar, yaitu Filsafat ilmu ringkas, Metode kuantitatif, dan Metode kualitatif. Untuk memperjelas pembahasan, berbagai ilustrasi tentang aplikasinya dalam bidang ilmu akuntansi disajikan dalam buku ini.
Diharapkan, dengan menghadirkan topik tersebut mampu meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi di perguruan tinggi sehingga hasilnya semakin relevan dengan permasalahan yang ada di lapangan.
Daftar Isi: 
Teori dan Penelitian (Pengertian Teori , Bagaimana Teori Berkembang, Pengertian Penelitian, Tujuan Studi/Penelitian dan Pertanyaan Penelitian, Penelitian Dasar dan Penelitian Terapan, Penelitian Pustaka dan Penelitian Lapangan, Dimensi Waktu, Etika dalam Penelitian).
Berbagai Pendekatan dalam Penelitian Ilmiah (Dua Pendekatan dalam Penelitian Ilmiah, Pendekatan Positivism, Pendekatan Alternative, Pendekatan Interpretif, Pendekatan Critical, Sembilan Aspek Kunci: Pembandingan antara Positivism, Interpretive, dan Critical).
Desain Penelitian Pendekatan Kuantitatif Detail Studi (Detail Studi, Menyusun Hipotesis, Tingkat Keterlibatan Peneliti, Study Setting, Unit Analisis, Desain Sampel, Time Horizon).
Desain Penelitian Pendekatan Kuantitatif Pengukuran dan Analisis Data (Pengukuran, Skala, Metode Pengumpulan Data, Analisis Data, Tails Of Test, Uji Hipotesis).
Metode Penelitian Kualitatif: Perencanaan Penelitian dan Pengumpulan Data (Merencanakan dan Mendesain Penelitian Kualitatif, Memilih Topik dan Merumuskan Research Question, Pengumpulan Data).
Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data dan Penulisan Laporan (Pengertian Grounded Theory Method, Analisis Mikro (Microanalysis), Penggunaan Memo dan Diagram, Penetapan Kategori Sentral, Penulisan Laporan).

1 komentar:

  1. Iya sama sama .. saya merasa senang jika info yg saya sharing berguna/bermanfaat :)

    BalasHapus