Minggu, 14 Oktober 2012

35. Perencanaan dalam Manajement

 

Definisi Perencanaan dalam Manajemen


Perencanaan (planning) adalah proses menentukan tujuan dan sasaran dan memutuskan cara terbaik untuk mencapai sebuah tujuan dan sasaran.

Contoh :
Perorangan --> Tujuan   --> lulus berijasah S1
                  --> Sasaran  --> IPK > 3 , durasi < 4 tahun.

PDAM       --> Tujuan   --> Pelayanan kebutuhan air bersih
                  --> Sasaran  --> Kebutuhan air untuk instansi masyarakat,tempat ibadah,industri,dll.



Tujuan Perencanaan :

1. membantu pencapaian tujuan dan sasaran organisasi
2. membantu untuk mengadakan koordinasi
3. dapat mencapai tujuan dan sasaran dengan efektif dan efisien

Pembagian perencanaan menurut waktu :
- Jangka Pendek (Short-Term Planning)                 : < 1 tahun
- Jangka Menengah (Intermediate-Term Planning)  : > 1 tahun < 5 tahun
- Jangka Panjang (Long-Term Planning)                 : > 5 tahun


Pembagian perencanaan menurut frekuensi :
- Rutin/tetap .
   Contoh : Proses Produksi
- Insidentil/sesaat.
   Contoh : Pembelian peralatan

Langkah-langkah Perencanaan :
a. merumuskan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai
b. mengadakan identifikasi dan penilaian kondisi sekarang dan yang akan datang
c. mengkaji cara-cara untuk mencapai tujuan dan sasaran
d. realisasi pelaksanaan perencanaan
e. monitoring pelaksanaan perencanaan
f. evaluasi keefektifan dan perencanaan

Syarat-syarat Perencanaan :
a. menyebutkan dan mempunyai tujuan
b. tertulis
c. menggambarkan prospek yang baik
d. keuntungan pada masa depan atau merupakan cara terbaik
e. semua pihak bekerja sama
f. menegaskan lingkungan internal dan eksternal
g. menggambarkan operasional pencapaian tujuan dan sasaran
h. untuk keperluan jangka panjang dan pendek

Alasan membuat perencanaan :
a. antipasi organisasi terhadap perubahan yang terus menerus terjadi
b. membantu meningkatkan kinerja di masa yang akan datang

Kualifikasi pembuatan perencanaan :
a. mempunyai pengalaman praktis yang cukup
b. mampu berorganisasi
c. pengetahuan untuk melihat prospek organisasi yang akan datang
d. dapat bekerja sama


Perencanaan menurut Hirarki Organisasi
1. Corporate Level : perencanaan tingkat organisasi/perusahaan/portofolio
    Contoh : Perencanaan membuka daerah pasar baru yang dilakukan oleh Top Management.
2. Bussiness Level : perencanaan tingkat department
    Contoh : Perencanaan di bagian marketing yang dilakukan oleh KepBag.Pemasaran
    Dengan alat promosi penjualan yang berupa : iklan (advertising) , Personal Selling (SPG/SPB),  dan
    Special Sales Promotion (diskon, kredit, pameran, demo)
3. Functional Level : perencanaan tingkat operasional
    Contoh : Perencanaan untuk menindaklanjuti tingkat departemen yang dilakukan oleh Supervisor.

Perencanaan menurut Tingkatan Jenis
1. Rencana Strategik
    Contoh : Rencana Pengembangan Vertikal pada tahun 2009 mendirikan Program Doktor (S3) Ilmu
                  Akuntansi yang dipimpin oleh Rektor.
2. Rencana Taktis
    Contoh : Membuat sistem pengelolaan
3. Rencana Operasional
    Contoh : Rencana pembuatan kurikulum yang sesuai

Perencanaan menurut Frekuensinya
1. Rencana sekali pakai
    Contoh : Rencana pembangunan gedung
2. Rencana tetap
    Contoh : Rencana proses produksi rokok PT.BENTOEL yang harus menghasilkan satu juta batang rokok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar