Jumat, 24 Mei 2013

Chelsea 2 – 1 Everton (Penentuan Chelsea mengikuti UCL 2013/2014)

The Blues berhasil mengamankan tempat ketiga untuk langsung lolos ke fase grup Liga Champions musim depan.
Chelsea menjamu Everton pada laga terakhir Premier League musim ini, Minggu (19/5). The Blues berhasil meraih tiga poin untuk mengamankan tempat ketiga di tabel klasemen akhir. Gol pembuka dari Juan Mata, sempat disamakan The Toffees melalui Steven Naismith. Namun, gol Fernando Torres berhasil membawa Chelsea meraih kemenangan.
Saat laga baru memasuki menit ketujuh, tuan rumah berhasil membuka keunggulan. Mata lebih dulu mengirimkan umpan ke Demba Ba yang kemudian melepaskan sepakan ke arah gawang Everton, namun bola masih mampu ditepis Tim Howard. Bola rebound langsung dimanfaatkan Mata untuk membawa Chelsea unggul sementara 1-0.

Keunggulan The Blues rupanya tak bertahan lama. Tujuh menit berselang, The Toffees berhasil menyamakan kedudukan. Umpan pemberian Victor Anichebe mampu dikonversi menjadi sebuah gol oleh Naismith untuk mengubah kedudukan menjadi sama kuat 1-1.
Setelahnya, kedua tim saling jual beli serangan. Sejumlah peluang emas dihasilkan oleh kedua kubu. Namun, hingga turun minum, tak ada lagi gol yang tercipta. Kedudukan 1-1 pun tetap bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, Chelsea langsung mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol kedua. Peluang didapat Gary Cahill, namun tembakannya masih mampu ditahan Howard. Beberapa kali Ba juga melakukan upaya untuk dapat menjebol gawang tim tamu, namun, usahanya tak ada yang membuahkan hasil.
Everton juga beberapa kali mendapatkan peluang. Kali ini pemain pengganti, Nikica Jelavic, sukses memberikan ancaman ke gawang Chelsea yang dikawal Petr Cech. Tercatat, pada menit ke-67 dan ke-73 Jelavic memiliki kesempatan untuk membuat Everton berbalik unggul.
Justru Chelsea kembali berhasil memimpin di menit ke-76 melalui penyerang Spanyol Fernando Torres. Umpan Oscar untuk Victor Moses, diteruskan pesepakbola Nigeria kepada Torres yang kemudian menceploskan bola dari sudut sempit. The Blues kembali unggul 2-1.

Kembali tertinggal, Everton terus mencoba memberikan ancaman melalui Jelavic. Namun, usahanya pada menit ke-81 dan ke-85 masih mampu diatasi Cech. Hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, kedudukan 2-1 bagi kemenangan Chelsea tetap bertahan.
Hasil ini membuat pasukan Rafael Benitez memastikan tempat ketiga di klasemen akhir dengan raihan 75 poin, berjarak dua poin dari Arsenal yang menempati posisi empat. Kekalahan ini menjadi hadiah penutup bagi David Moyes yang akan menduduki kursi kepelatihan di Manchester United musim depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar