Kamis, 02 Mei 2013

Organisasi Partai Indonesia Raya (PARINDRA)

Partai Indonesia Raya merupakan partai politik yang bergerak berdasarkan rasa nasionalisme Indonesia dengan tujuan menjadikan Indonesia Muliadan Sempurna.

parindra menganut azas kooperatif, atau memilih untuk berkerja sama dengan pemerintahan belanda.mereka melakukan ini dengan cara menjadi dewan-dewan untuk waktu tertentu.

cikal bakal PARINDRA adalah indische studie club di surabaya yang dipimpin oleh Dr. Sutomo.

pada tahun 1931 perkumpulan ini kemudian diubah menjadi Partai Bangsa Indonesia (PBI).

Tujuan perjuangannya adalah untuk menyempurnakan derajat bangsa Indonesia dengan melakukan hal-hal yang nyata dan dapat dirasakan oleh rakyat banyak, seperti memajukan pendidikan, mendirikan koperasi rakyat, mendirikan bank-bank untuk rakyat dan juga mendirikan persatuan nelayan.

tokoh tokoh yang mengikuti parindra antara lain Woeryaningrat, Soekarjo Wirjopranoto, RM Margono Djojohadikusumo, R. panji soeroso, dan Mr. soesanto tirtoprodjo.

Pada tahun 1937, Parindra memiliki anggota 4.600 orang. Pada akhir tahun 1938, anggotanya menjadi 11.250 orang. Anggota ini sebagian besar terkonsentrasi di Jawa Timur. Pada bulan Mei 1941 (menjelang perang Pasifik), Partai Indonesia Raya diperkirakan memiliki anggota sebanyak 19.500 orang.

Perkembangan selanjutnya, banyak organisasi yang bergabung dengan parindra. seperti Sarekat sumatra, sarekat ambon, kaum betawi, timor verbond dan sebagainya.

Dengan demikian Parindra digambarkan sebagai partai yang bekerjasama dengan pemerintahan Hindia Belanda di awal berdirinya, akan tetapi dicurigai di akhir kekuasaan Hindia Belanda di Indonesia pada tahun 1942 sebagai partai yang bermain mata dengan Jepang untuk memperoleh kemerdekaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar