Sabtu, 04 Mei 2013

Model Proses di Organisasi Pemerintahan


Berbicara organisasi pemerintahan, berarti bicara tentang birokrasi, keruwetan dan luasnya urusan yang mereka tangani. Sebenernya serumit apa sih pekerjaan yang dilakukan mereka sehari-hari? Nah mungkin, model yang saya buat di bawah ini bisa membantu menjelaskan posisi tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawab mereka.
Model Proses Organisasi Pemerintah
Secara garis besar ada 4 proses yang berjalan di setiap organisasi pemerintahan, yaitu (i)perencanaan program, (ii)pengelolaan keuangan, (iii)manajemen proyek serta (iv)operasional dan administratif. Setiap tahun organisasi pemerintahan melakukan perencanaan program yang akan dilakukan, termasuk di dalamnya perencanaan anggaran dan hal terkait lainnya. Kalau saya tidak keliru, organisasi pemerintah baik di daerah maupun pusat sebagian besar selalu menggunakan sumber daya dari pihak lain untuk merealisasikan programnya, sehingga pada dasarnya Manajemen Proyek adalah kunci sukses organisasi pemerintah dalam mewujudkan programnya. Dengan kata lain, jika manajemen proyek tidak ditangani secara baik oleh sumber daya manusia yang tepat dan kompeten baik di sisi substansi maupun operasional, maka dapat dipastikan bahwa obyektif setiap program akan sulit tercapai.
Selain instansi terkait yang menangani urusan sesuai tupoksinya, maka ada institusi lain seperti eksekutif yang memberikan arahan dan melakukan pengambilan keputusan, maupun institusi pengawasan/legislasi untuk melakukan pengawasan dan legislasi serta  memberikan rekomendasi bagi peningkatan kualitas program. Model yang diperlihatkan di atas bersifat generik dan high level sehingga relatif dapat memberikan gambaran proses yang berjalan di setiap organisasi pemerintahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar