Berbicara
organisasi pemerintahan, berarti bicara tentang birokrasi, keruwetan dan
luasnya urusan yang mereka tangani. Sebenernya serumit apa sih pekerjaan yang
dilakukan mereka sehari-hari? Nah mungkin, model yang saya buat di bawah ini
bisa membantu menjelaskan posisi tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung
jawab mereka.
Secara garis besar ada 4 proses yang berjalan di setiap organisasi pemerintahan, yaitu (i)perencanaan program, (ii)pengelolaan keuangan, (iii)manajemen proyek serta (iv)operasional dan administratif. Setiap tahun organisasi pemerintahan melakukan perencanaan program yang akan dilakukan, termasuk di dalamnya perencanaan anggaran dan hal terkait lainnya. Kalau saya tidak keliru, organisasi pemerintah baik di daerah maupun pusat sebagian besar selalu menggunakan sumber daya dari pihak lain untuk merealisasikan programnya, sehingga pada dasarnya Manajemen Proyek adalah kunci sukses organisasi pemerintah dalam mewujudkan programnya. Dengan kata lain, jika manajemen proyek tidak ditangani secara baik oleh sumber daya manusia yang tepat dan kompeten baik di sisi substansi maupun operasional, maka dapat dipastikan bahwa obyektif setiap program akan sulit tercapai.
Selain instansi terkait yang menangani urusan sesuai tupoksinya, maka ada institusi lain seperti eksekutif yang memberikan arahan dan melakukan pengambilan keputusan, maupun institusi pengawasan/legislasi untuk melakukan pengawasan dan legislasi serta memberikan rekomendasi bagi peningkatan kualitas program. Model yang diperlihatkan di atas bersifat generik dan high level sehingga relatif dapat memberikan gambaran proses yang berjalan di setiap organisasi pemerintahan.
Secara garis besar ada 4 proses yang berjalan di setiap organisasi pemerintahan, yaitu (i)perencanaan program, (ii)pengelolaan keuangan, (iii)manajemen proyek serta (iv)operasional dan administratif. Setiap tahun organisasi pemerintahan melakukan perencanaan program yang akan dilakukan, termasuk di dalamnya perencanaan anggaran dan hal terkait lainnya. Kalau saya tidak keliru, organisasi pemerintah baik di daerah maupun pusat sebagian besar selalu menggunakan sumber daya dari pihak lain untuk merealisasikan programnya, sehingga pada dasarnya Manajemen Proyek adalah kunci sukses organisasi pemerintah dalam mewujudkan programnya. Dengan kata lain, jika manajemen proyek tidak ditangani secara baik oleh sumber daya manusia yang tepat dan kompeten baik di sisi substansi maupun operasional, maka dapat dipastikan bahwa obyektif setiap program akan sulit tercapai.
Selain instansi terkait yang menangani urusan sesuai tupoksinya, maka ada institusi lain seperti eksekutif yang memberikan arahan dan melakukan pengambilan keputusan, maupun institusi pengawasan/legislasi untuk melakukan pengawasan dan legislasi serta memberikan rekomendasi bagi peningkatan kualitas program. Model yang diperlihatkan di atas bersifat generik dan high level sehingga relatif dapat memberikan gambaran proses yang berjalan di setiap organisasi pemerintahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar