Jumat, 24 Mei 2013

Fakta-Fakta Unik Premier League 2012/13


Premier League musim ini disertai oleh banyak hal unik.
Mengobati kerinduan kita terhadap Premier League yang baru saja mengakhiri gelarannya musim ini, mari kita simak beberapa hal menarik yang ditampilkan oleh liga sepakbola terpopuler di dunia ini, yang terjadi di musim 2012/13.
Arsenal ternyata tak terlalu hebat di pertandingan tandang. Terakhir kali mereka mencatatkan lima kemenangan tandang secara berturut-turut adalah tahun 2004, dan mereka baru dapat kembali melakukannya di musim ini. Pertandingan penutup musim ini di kandang Newcastle adalah kemenangan tandang terbaru Arsenal dalam rangkaian lima kemenangan secara berturut-turut.
Arsenal boleh saja membanggakan keberhasilan mereka finish di peringkat keempat di atas Tottenham, namun ternyata sepanjang musim ini mereka hanya mampu berada di empat besar selama 11 pekan sementara Spurs menduduki zona Liga Champions selama 18 pekan.
FunFacts raw ins1
Christian Benteke memberikan seumbangan sebanyak 40% terhadap seluruh gol yang dicetak oleh Aston Villa di musim ini. Di antara semua pemain yang terdaftar di Premier League musim ini, persentase tersebut adalah yang tertinggi.
Berada satu poin lebih baik dari Southampton, 28 poin adalah jumlah angka yang hilang dari genggaman Aston Villa dari posisi memimpin.
Juan Mata menduduki posisi pertama dalam daftar pencetak assist terbanyak di musim ini dengan 12 assist. Di belakangnya, berada rekan satu tim dan satu negaranya dengan masing-masing 11 assist: Eden Hazard dan Santi Cazorla.
FunFacts raw ins2
Musim ini Frank Lampard hanya mencetak satu assist bagi Chelsea. Rekor terburuk sepanjang karirnya bersama The Blues.
Hanya ada dua tim yang menderita lebih sedikit kekalahan dari Everton di musim ini: Tim juara Manchester United dan penghuni posisi kedua Manchester City.
Walaupun hanya duduk di posisi kesembilan di daftar pencetak gol terbanyak, Dimitar Berbatov mencatatkan rasio gol per tendangan yang sama dengan peraih gelar top skorer musim ini; Robin van Persie. Keduanya melepaskan 5,4 tendangan untuk setiap gol yang mereka cetak.
Berbeda dengan Berba, Hugo Rodallega membutuhkan 20 tendangan ke gawang untuk mencetak satu gol.
FunFacts raw ins3
Liverpool lebih berbahaya di luar Anfield. Sementara di kandang sendiri mereka hanya mampu mencetak 1,87 gol per pertandingan, di luar Anfield mereka berhasil mencetak rata-rata 2,00 gol.
Manchester City mencatatkan rekor selalu mencetak gol di 50 pertandingan kandang terakhir mereka di Premier League. Terbaik di antara semua tim yang berlaga di gelaran tahun ini dan terbaik kedua sepanjang masa.
Para gelandang Manchester United ternyata tak banyak membantu barisan penyerang the Red Devils. Tak ada gelandang United yang mencatatkan lebih dari lima assist di musim ini.
Newcastle United adalah tim yang paling sering memainkan bola-bola panjang. Rata-rata, the Magpies melakukan hal tersebut sebanyak 69 kali di setiap pertandingan yang mereka lakoni.
Walaupun hijrah ke Chelsea pada bulan Januari, Demba Ba tetap tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Newcastle di musim ini.
FunFacts ins4
Norwich adalah salah satu tim yang paling pemalu di hadapan gawang lawan. Hanya Reading dan Stoke yang melepaskan lebih sedikit sepakan per pertandingan dari the Canaries.
Tak ada satu tim pun dalam empat musim terakhir yang lebih mandul dari Queens Park Rangers yang di musim ini hanya mampu mencetak 30 gol.
Satu-satunya tim yang memiliki raihan poin lebih sedikit dari QPR dalam empat musim terakhir adalah Portsmouth yang mendapatkan hukuman pemotongan sembilan poin.
Reading adalah lumbung gol Premier League musim ini. Sepanjang musim, mereka kemasukan sebanyak 73 kali.
Hal itu bisa saja terjadi karena pertahanan mereka memang rapuh. Per pertandingannya, Reading membiarkan lawan mereka melepaskan 18,6 tembakan.
Dengan catatan 779 interception di musim ini, Southampton adalah yang terbaik dalam hal ini.
FunFacts ins6
Stoke juga mencatatkan diri sebagai tim dengan jumlah tendangan per pertandingan yang paling sedikit di musim ini dengan catatan 10,2 sepakan.
Sebelum Paolo Di Canio datang ke Sunderland, tak ada pemain the Black Cats yang diusir oleh pengadil di 31 pertandingan pertama mereka di musim ini. Dalam tujuh pertandingan saja di bawah asuhan Di Canio, tiga pemain Sunderland diusir oleh pengadil yang bertugas.
FunFacts raw ins5
Dengan catatan 43,1% penguasaan bola di musim ini, Sunderland hanya lebih baik dari Reading.
Di antara semua pemain yang bermain di lima liga terbesar Eropa, Ashley Williams adalah pemain yang paling sering melakukan block.
Gol-gol yang dicetak oleh Gareth Bale memiliki kontribusi langsung terhadap raihan 24 poin dari total 72 poin yang diraih oleh Tottenham Hotspur di musim ini.
Dari semua pemain yang bermain di lima liga terbesar Eropa, Bale adalah pemain dengan catatan gol terbanyak dari luar kotak penalti dengan sembilan gol.
Hasil imbang 5-5 yang diraih oleh West Bromwich Albion di pertandingan penutup musim melawan Manchester United adalah pertandingan pertama dalam sejarah Premier League yang berakhir dengan skor tersebut.
Romelu Lukaku adalah pemain West Brom pertama yang mampu mencetak hattrick di The Hawthorns.
Sepanjang musim ini, West Ham United selalu gagal meraih dua kemenangan secara berturut-turut.
Wigan Athletic hanya meraih satu kemenangan di delapan laga terakhir mereka di Premier League.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar